26 Aset Milik Negara Resmi Bersertifikat Hak Pakai

 

HALO PURWOREJO – Pemkab Purworeko akhirnya menerima sertifikat hak pakai dari Badan Pertanahan Nasional, untuk sejumlah tanah-tanah negara yang masuk ke asetnya. Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo, Selasa (27/10) menyerahkan sertifikat lahan tersebut kepada Pemkab Purworejo.

Penyerahan 26 sertifikat tersebut, diserahkan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo, Suwitri Iriyanto di Ruang Bagelen Setda dan diterima Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purworejo, Yuni Astuti.

Kepala Suwitri Iriyanto menjelaskan dari 26 sertifikat, hanya lima yang diserahkan secara simbolis. Rinciannya, empat sertifikat tanah di kawasan pantai dan satu sertifikat tanah Puskesmas Butuh. Kelima sertifikat tersebut, diprioritaskan karena pembuatannya lama, hingga ditanyakan oleh pihak Kejaksaan Negeri Batang.

Sementara itu Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purworejo, Yuni Astuti menyampaikan terima kasih atas bantuan Kantor Pertanahan Purworejo terhadap permasalahan usulan hak pakai tanah yang sudah, sedang, atau akan digunakan oleh Pemkab Purworejo.

“Ini momen yang menggembirakan. Semua senyum karena ada 26 bidang yang selama ini kita upayakan untuk distrukturkan landasan haknya telah menjadi sertifikat. Berarti yang 26 ini tanah negara yang diusulkan Pemkab Purworejo yang dimintakan hak pakainya,” kata Yuni.

Menurutnya, keberhasilan tersebut adalah kerja keras Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait dan Badan Pertanahan Nasional. Yuni pun meminta seluruh jajaran Pemkab Purworejo untuk secepatnya mengambil langkah tindak lanjut jika ada tanah-tanah yang bermasalah. Sehingga, pemerintah dapat mengoptimalkan aset milik negara.

“Kalau kita mau berusaha sesuai dan tidak ada niat yang tidak baik, insyaallah membuahkan hasil yang digarapkan. Ini untuk kepentingan pemerintah dan ending-nya untuk masyarakat agar lebih efektif,” imbuh Yuni. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.