20 Siswa Kelas Lima di Temanggung Ikuti Lomba Bercerita Secara Virtual

Tim juri lomba bercerita untuk siswa kelas lima SD / MI, menyaksikan penampilan peserta melalui layar monitor. Lomba digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Temanggung secara Virtual. (Foto : Temanggungkab.go.id)

 

HALO TEMANGGUNG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Temanggung kembali menggelar Lomba Bercerita secara Virtual, Rabu (10/3) dan diikuti 20 peserta kelas lima SD dan MI se-Kabupaten Temanggung.

Tetapi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lomba tahun ini digelar secara virtual dan menerapkan protokol kesehatan, karena wabah Covid-19 belum berakhir.

Kepala Dinpusip Kabupaten Temanggung, Suminar Budi Setiawan, mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan minat baca dan menumbuhkan cinta budaya.

“Lomba ini untuk memacu kegemaran membaca, untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, kecerdasan inovasi serta daya kompetitif bangsa. Serta mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah lokal,” ungkapnya, seperti dirilis Temanggungkab.go.id.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga untuk menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya bangsa, Juga mencari bibit generasi muda yang akan menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan membaca.

Sebelum melaksanakan lomba bercerita secara virtual, para peserta telah mengirimkan video dalam bentuk Compac Disc (CD). Pelaksanaan lomba di siarkan langsung melalui Youtube DINPUSIP Kabupaten Temanggung.

Materi yang disajikan dalam lomba bercerita bersumber dari buku cerita rakyat yang berasal dari daerah/budaya  lokal (Temanggung) yang berasal dari Perpustakaan Sekolah atau Perpustakaan umum di  Kabupaten Temanggung.

Hasil lomba  bercerita ini diambil dua terbaik, terbaik pertama akan mewakili Kabupaten Temanggung mengikuti lomba bercerita tingkat Provinsi Jawa Tengah. Adapun hasil Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI Tahun 2021, untuk terbaik pertama  atas nama Indah Agung Sayyidina, dari SD Muhammadiyah Parakan dan terbaik kedua atas nama Fricilia Puri Hartiningrum dari SDN 3 Getas Kaloran. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.