in

20 Hari Operasi Pekat Candi 2024, Polda Jateng Tangkap 3.579 Pelaku Kejahatan

Ribuan pelaku kejahatan diamankan Polda Jateng selama 20 hari Operasi Pekat Candi 2024.

HALO SEMARANG – Polda Jateng selama 20 hari Operasi Pekat Candi 2024 menangkap 3.579 pelaku kejahatan. Selain itu, kepolisian juga menyita barang bukti dengan total nominal mencapai Rp. 4,8 miliar.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan, ribuan tersangka tersebut adalah penindakan yang dilaksanakan secara serentak di 35 Polres di Jajaran Polda Jateng sejak 6 hingga 25 Maret 2024. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban yang kondusif selama bulan Ramadhan 2024.

Tak hanya itu, dirinya menyebut bahwa dalam kegiatan tersebut juga merupakan pembinaan terhadap masyarakat dengan bekerjasama stakeholder terkait dan melakukan penegakan hukum sebagai langkah terakhir.

“Kegiatan ini merupakan upaya penanggulangan penyakit masyarakat sebagai bentuk cipta kondisi harkamtibmas menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024. Kegiatan yang digelar berupa penindakan dan penegakan hukum terhadap segala jenis kejahatan yang termasuk dalam bagian penyakit masyarakat,” ujar Luthfi saat jumpa pers di Lobi Mapolda Jateng, Selasa (27/3/2024).

Lebih lanjut dirinya membeberkan dari ribuan tersangka tersebut didapat atas 6 kasus antara lain kasus perjudian, petasan, miras, perzinahan, premanisme dan narkoba.

“Adapun barang bukti yang diamankan dari perjudian sebanyak Rp 67 juta, petasan: 410 Kg, miras: 11 ribu botol, premanisme: 79 sajam dan 11 senpi, dan untuk narkoba yakni sabu seberat 2.174 gram, 294 butir extasi, 980 gram ganja, dan 69 ribu butir obat keras,” bebernya.

Terakhir dirinya kembali menghimbau kepada masyarakat selama pelaksanaan bulan ramadhan agar tidak melakukan kegiatan yang kontraproduktif.

“Kami harap partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan sitkamtibmas yang kondusif demi ketenangan Ibadah puasa di bulan Ramadhan ini,” imbuhnya. (HS-06)

Tak Terima Istrinya Direndahkan Gegara Utang, Pria di Semarang Bacok Petugas Bank Titil

Pemprov Jateng Gandeng KPK Untuk Mencegah Korupsi pada PPDB