in

20 Grup Kesenian Tampil Dalam Pekan Kebudayaan Kabupaten Kendal

Penampilan salah satu kelompok seni di ajang Pekan Kebudayaan Kendal, 21-24 November 2021.

 

HALO KENDAL – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal menggelar Pekan Kebudayaan Kabupaten Kendal di Stadion Madya Kendal, mulai 21-24 November 2021.

Setidaknya ada 20 grup, yang setiap harinya ditampilkan lima grup, mulai pukul 09.00 pagi sampai 14.30 siang.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Sulardi mengatakan, pentas digelar secara tertutup tanpa disaksikan penonton umum.

“Bagi masyarakat umum bisa menyaksikan melalui channel Youtube, hasil rekaman dari tiap-tiap grup,” terangnya, Rabu (24/11/2021).

Sulardi menjelaskan, pentas ini tertutup bagi penonton umum, karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

“Yang boleh menonton hanya peserta grup. Tapi nanti akan diunggah di channel YouTube Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal juga,” jelasnya.

Sulardi menambahkan, tujuan pentas ini untuk mensosialisasikan kesenian tradisional di Kabupaten Kendal, yang perlu diexplore dari masing-masing kecamatan.

“Pentas ini dikhususkan kesenian tradisional, karena sejak pandemi tidak ada pentas sama sekali. Harapannya, tidak hanya sampai di tingkat kabupaten, namun bisa berpartisipasi untuk tampil di tingkat provinsi dan nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kendal, Kiswanto mengapresiasi kegiatan ini.

Menurutnya dengan digelarnya kegiatan kesenian tersebut, bisa memberikan peluang bagi para pelaku seni yang selama ini sudah kangen untuk tampil.

“Ya, karen sejak adanya pandemi, para pelaku seni tidak bisa tampil secara terbuka,” ungkapnya.

Kiswanto memaparkan, beberapa kesenian yang ditampilkan dalam acara ini, di antaranya Seni Barongan, Seni Jaran Kepang, Seni Dawangan, Tari Tradisional dan lainnya.

“Berbagai jenis kesenian yang ada di Kendal tampil di acara ini. Namun ini hanya mewakili beberapa jenis kesenian yang ada saja,” pungkasnya.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya pada Rabu (24/11/2021)

Cegah Penularan Covid-19 pada Natal dan Tahun Baru, Mendagri Terbitkan Aturan Pencegahan