in

2.000 Bibit Pohon Cemara Laut Ditanam di Pantai Indah Kemangi

Penyerahan bibit pohon Cemara Laut oleh Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii kepada Kepala Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung, Dasuki di Pantai Indah Kemangi, Jumat (21/1/2022).

HALO KENDAL – Sebanyak 2.000 bibit pohon Cemara Laut ditanam di Pantai Indah Kemangi (PIK) Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kendal, Jumat (21/1/2022). Selain mencegah abrasi penanaman pohon cemara ini diharapkan membuat kawasan wisata itu semakin sejuk dan nyaman.

Kegiatan penanaman bibit pohon yang dalam bahasa latin bernama Casuarina Equisetifolla tersebut adalah bantuan dari organisasi Rotary Club of Semarang Kunthi. Dan dipimpin oleh Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii.

Penanaman juga diikuti oleh Camat Kangkung Ardhi Prasetyo, Danramil 05/Cepiring Kapten Inf Siswanto dan jajarannya, Perwakilan Polsek Kangkung, Kepala Desa Jungsemi Dasuki, Pengurus Rotary Club of Semarang Kunthi Ita Dewi, serta FKPPI Patebon dan warga Desa Jungsemi.

Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0715/Kendal dan Rotary Club of Semarang Kunthi yang telah menggelar acara menanam bibit Cemara Laut di Pantai Indah Kemangi.

Dia berharap, penanaman pohon Cemara Laut ini selain mencegah abrasi juga bisa sebagai penyejuk lokasi pantai.

“Saya titip dan berharap kepada Kepala Desa Jungsemi, di semua sudut Pantai Indah Kemangi ini agar ditanami pohon-pohon jenis mangrove. Supaya pantai ini menjadi adem. Sehingga para wisatawan betah berlama-lama di sini,” ungkap Camat.

Sementara Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii mengungkapkan, cemara laut ini memiliki kemampuan mengantisipasi abrasi di pantai dan juga dapat menahan gelombang tsunami.

“Bapak dan ibu yang hadir di sini adalah para pejuang lingkungan. Dengan melakukan penanaman pohon di Pantai Indah Kemangi, berarti telah mencegah terjadinya abrasi dan mengantisipasi dampak perubahan iklim. Selain itu, penanaman pohon adalah menanam kebaikan untuk masa depan,” ungkapnya.

Dia juga berpesan kepada peserta penanaman bibit pohon Cemara Laut di Pantai Indah Kemangi, untuk selalu menjaga dan melestarikan alam.

“Kalau kita melindungi alam, maka alam juga akan melindungi kita. Alam dirawat, maka alam juga akan merawat kita dan ketika alam dijaga, maka pasti alam akan menjaga kita,” tandas Letkol Inf Jenry Polii.

Pimpinan Rotary Club of Semarang Kunthi, Ita Dewi juga berharap, agar bantuan yang disalurkan dari organisasimya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa mengembangkan potenai wisata Desa Jungsemi.

“Kami organisasi sosial yang ada di berbagai daerah di Indonesia, terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk kegiatan sosial. Salah satunya dengan penyaluran tanaman mangrove ini. Sebelumnya kami juga menggelar acara yang sama di Desa Kartikajaya dan sekitarnya. Kami berharap bantuan ini bermanfaat untuk anak cucu kita ke depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jungsemi, Dasuki mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0715/Kendal dan Rotary Club Semarang, atas bantuan 2.000 pohon cemara laut yang ditanam di area Pantai Indah Kemangi.

Dirinya juga mengaku, akan terus bersinergi dengan semua pihak untuk melakukan mitigasi bencana khususnya yang berkaitan dengan dampak perubahan iklim.

“Kami berharap dengan tumbuhnya cemara laut akan menambah keindahan dan daya tarik Pantai Indah Kemangi ini. Sehingga menjadi destinasi wisata pantai favorit di Kabupaten Kendal,” ujar Dasuki. (HS).

Longsor di Delikrejo Timbulkan Korban Jiwa, Dewan: Pemkot Harus Gerak Cepat Bangun Talut

Kegiatan Seremonial Dinas di Jepara, Wajib Pentaskan Kesenian Tradisional