in

18 Perguruan Ikut Gelar Seni Budaya Pencak Silat Kodim Sukoharjo

Upacara pembukaan gelar Seni Budaya Pencak Silat, Selasa (15/11/22), di ruang serbaguna lapangan bulu tangkis Makodim Sukoharjo. (Foto : portal.sukoharjokab.go.id)

 

HALO SUKOHARJO – Sebanyak 18 perguruan silat di Kabupaten Sukoharjo, mengikuti gelar Seni Budaya Pencak Silat, Selasa (15/11/22), di ruang serbaguna lapangan bulu tangkis Makodim.

Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 itu, digelar Kodim 0726/Sukoharjo, bekerja sama dengan Dispora Kabupaten Sukoharjo dan IPSI Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan didahului upacara dan pengucapan Ikrar dari para pesilat, dilanjutkan dengan panandatanganan Ikrar.

Dalam ikrar tersebut, para pesilat menyatakan setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, siap menjaga persatuan dan sesatuan demi keutuhan NKRI, siap mengisi kemerdekaan dan meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa, siap membina hubungan baik antarperguruan silat, dan siap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Hadir dalam penandatanganan Ikrar Dandim 0726/Sukoharjo letkol Czi Slamet Riyadi, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kadispora Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Pembina IPSI Sukoharjo Wiwaha Aji Santoso, Ketua IPSI Kabupaten Sukoharjo Wiyono, serta perwakilan dari 18 Perguruan silat yang hadir saat itu.

Adapun dari 18 Perguruan Silat yang hadir adalah Tapak Suci, PSHT, PSHT PM, Perisai Diri, Persinas Asad, Merpati Putih, Pagar Nusa, IKSPI Kera Sakti, Tapak Manunggal, PSTD Pancasila, PRSH,  Ki Ageng Pandanalas, PSH Pilangbangau, PSHW TM, Cempaka Putih, Bintang Surya.

“Kami pihak Kodim 0276/Sukoharjo berinisiatif untuk menggelar seni budaya Pencak Silat ini, beberapa waktu yang lalu kami mengundang pihak Dispora dan IPSI Kabupaten Sukoharjo di Makodim 0276/Sukoharjo untuk berkoordinasi bersama untuk merealisasikan event ini,” kata Dandim 0726/Sukoharjo letkol Czi Slamet Riyadi, seperti dirilis sukoharjokab.go.id.

Lebih lanjut dia mengatakan penyelenggara sepakat bahwa event ini hanya sebatas pertunjukan seni bela diri dan bukan kompetisi.

“Masing-masing perguruan menampilkan ciri khas dari masing-masing perguruan,” kata dia.

Dalam pertunjukan seni pencak silat ini, sejumlah 18 perguruan menampilkan 10 orang anggota dengan didampingi yang tertua dari masing-masing Perguruan.

”Dalam event ini kami juga menampilkan para atlit Pra Porprov yang rencananya pada tanggal 5 Desember 2022 akan maju tampil di Blora agar semakin termotivasi dan siap mental,” kata Ketua IPSI Kabupaten Sukoharjo, Wiyono.

Sementara itu Kadispora Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho mengatakan sangat mendukung event Seni Budaya Pencak Silat yang dilaksanakan di Kodim 0726/Sukoharjo ini.

“Jauh hari kami sudah melaksanakan pertemuan dengan Dandim 0726/Sukoharjo dan pihak IPSI dan sesepuh IPSI untuk melaksanakan koordinasi, karena ini juga membawa nama Kabupaten Sukoharjo, apalagi dengan tampilnya Tim Pra Porprov juga tampil dalam event ini,” kata dia.

Terlihat selama pertunjukan dalam gelaran event Seni Budaya Pencak Silat ini, para perwakilan dari 18 Perguruan tampil bergiliran melaksanakan pertunjukan sesuai ciri khas masing-masing dengan semangat dan antusias serta membawa semangat persaudaraan.

“Semangat persaudaraan inilah yang akan kita tampilkan dalam event ini, masing-masing membawa aliran yang berbeda serta ciri khas yang berbeda dalam setiap gerakan, namun membawa semangat yang sama untuk NKRI, khususnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta memelihara kondusifitas serta keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Sukoharjo ini,” ungkap Dandim Sukoharjo. (HS-08)

Sosialisasi Cukai Tembakau, Dinkominfo Blora Bakal Gelar Tari Kolosal Rampak Barongan di Berbak

Sambut Investor dari Luar, Ketua PHRI Terpilih Minta Pemkab Kendal Tak Beri Izin Hotel Melati