in

18 ODGJ di Pucangrejo Gemuh Kendal Jadi Target Vaksinasi

Salah satu ODGJ di Desa Pucangerejo yang didatangi Petugas Puskesmas Gemuh II bersama Pemdes untuk divaksin, Sabtu (28/8/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh bersama Puskesmas Gemuh II, melaksanakan vaksinasi tahap pertama kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Desa Pucangrejo, Sabtu (28/8/2021).

Kepala Desa Pucangrejo, Agus Riyanto menjelaskan, pemberian vaksinasi ini menyasar kepada 18 warga ODGJ di desanya.

“Giat hari ini Pemdes bersama Puskesmas Gemuh dua mendatangi satu persatu rumah warga yang ada ODGJ,” jelasnya.

Agus menambahkan, perkembangan ODGJ di wilayahnya selalu dipantau oleh Pemdes melalui kepala dukuh setempat.

“Kami selalu pantau dan selalu mengawasi perkembangan dari warga ODGJ di desa kami. Karena warga kami memang termasuk yang banyak di Kecamatan Gemuh,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Gemuh II, dr Fitroh mengatakan, vaksin yang diberikan berupa vaksin jenis Sinopharm tak hanya untuk warga ODGJ saja, tapi juga penyandang disabilitas.

“Ya vaksinasi hari ini, kami menyasar kepada ODGJ bersama satu pendamping keluarganya. Selain untuk 18 warga ODGJ, vaksinasi diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas dan cacat,” terangnya.

Fitroh menyebut, dari 16 desa yang ada di Kecamatan Gemuh, Desa Pucangrejo, tercatat paling banyak warganya yang mengidap ODGJ.

“Desa Pucangrejo ini terbanyak ODGJnya dan menjadi desa yang ketiga dilakukan vaksinasi untuk ODGJ di wilayah Kecamatan Gemuh. Pertama Desa Poncorejo, kemudian Gebang dan disini hari ini,” jelasnya.

Sementara itu, menurut pengakuan salah seorang warga, Siti Asma (71) selaku ibu dari Wati salah satu ODGJ, merasa bersyukur, anak dan cucunya mendapatkan vaksinasi.

Dirinya yang mengaku sudah divaksin, kemudian meminta untuk pendamping anaknya Wati yang ODGJ, adalah cucunya, Muhammad Rizky Bayu Pratama (17), anak dari Wati.

“Ya anak saya itu sudah lama menderita, dan kami selalu mengawasi, biar tidak kemana-mana. Alhamdulillah, anak dan cucu saya bisa divaksin. Semoga anak kami segera sembuh dan kami terhindar dari virus corona,” ungkapnya.

Yang menarik dalam giat vaksinasi ini, saat salah satu ODGJ yang akan divaksin, Aji, warga RW 6, yang sehari-hari berada di tempat pemakaman desa setempat.

Saat mengetahui ada beberapa orang yang datang, dirinya lantas kabur dari tempat pemakaman. Saat dicari oleh petugas puskesmas, Forkopimcam dan Babinsa, ODGJ atas nama Aji sudah melarikan diri.

Berbeda dengan ODGJ lain yang biasa dipanggil Is, ia malah secara sukarela mendatangi para petugas Puskesmas minta divaksin.

Kulo nderek disuntik. Kulo purun pak Lurah,” ujar Is. Kemudian petugas langsung memvaksinnya.(HS)

Share This

Rayakan HUT Kemerdekaan, Pegadaian Gelar Konser Virtual dan Berdonasi untuk Pahlawan di Sekitar Kita

Kecelakaan Beruntun Di Dekat Akpol, Tiga Orang Dilarikan Ke Rumah Sakit