in

17 Parpol Resmi Mengajukan Bacaleg ke KPU Kendal

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, saat memberikan keterangan pers, Minggu malam (14/5/2023)

HALO KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal resmi menutup pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kendal atau bakal calon legislatif (bacaleg), pada Minggu malam (14/5/2023).

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria, usai menerima pengajun bacaleg dari Partai Gelora, pukul 23.00 WIB.

Dikatakan, penutupan dilakukan sebelum waktu pukul 23.59 WIB, dikarenakan sudah ada 17 partai politik (parpol) yang mengajukan bakal calon, dan satu parpol menyatakan tidak mengajukan bakal calon.

“Hari ini hari pendaftaran terakhir, Minggu (14/5/2023), kita tunggu sampai dengan pukul 23.59 WIB. Alhamdulillah sebelum waktunya ditutup, semua parpol sudah mendaftarkan diri di KPU Kabupaten Kendal melalui SILON, kecuali PKN (Partai Kebangkitan Nusantara), yang sudah menyatakan tidak mendaftarkan diri, karena belum siap dan tidak ada bakal calon,” ujarnya kepada awak media.

Meski begitu, baik Ketua KPU Kendal beserta jajaran dan Komisioner Bawaslu Kendal beserta jajaran masih berada di aula kantor KPU Kendal, hingga waktu penutupan yang telah ditentukan.

Hevy membeberkan, parpol yang sudah mendaftarkan, yaitu PKS, NasDem, PDI Perjuangan, PAN, PBB, Golkar, PKB, Gerindra, PPP, Demokrat, Perindo, Ummat, Hanura, PSI, Buruh, Garuda dan Gelora.

“Dengan demikian, sudah ada 17 parpol yang mendaftarkan bakal calon Anggota DPRD Kendal, dan satu parpol yang tidak mendaftar. Alhamdulillah proses pengajuan bakal calon dari partai politik berjalan lancar, lengkap dan diterima,” bebernya.

Untuk tahapan selanjutnya, lanjut Hevy, yaitu verifikasi administrasi, yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Mei – 23 Juni 2023.

Setelah masa itu, para bakal calon yang belum memenuhi syarat, nanti akan diberitahukan kepada parpol supaya diperbaiki dalam tahap perbaikan.

“Sedangkan untuk penetapan daftar calon sementara (DCS), akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2023 mendatang,” imbuh Hevy.

Komisioner Bawaslu Kendal, Firman Teguh Sudibyo mengatakan, dalam proses pengajuan bakal calon dari tanggal 1 – 14 Mei 2023, KPU Kendal sudah melakukan sesuai regulasi yang mengaturnya.

Dijelaskan, pripsipnya Bawaslu melakukan pengawasan yang melekat di proses pendaftaran bacaleg, khususnya di wilayah Kendal.

“Jadi konteks pengawasan Bawaslu adalah untuk memastikan proses pendaftaran bakal caleg, sudah sesuai dengan regulasi yang mengaturnya,” jelas Firman.

“Hari ini adalah hari terakhir pukul 23.59 WIB, sudah ada 17 parpol yang mendaftar di KPU Kabupaten Kendal,” imbuhnya. (HS-06).

 

Satu Misi Beda Tujuan

Gelora Jadi Partai Terakhir Pengajuan Bacaleg di KPU Kendal