in

153 Atlet Puslatkab Jalani Tes Kesehatan yang Digelar KONI Kendal

Pembukaan tes kesehatan KONI Kendal untuk 153 atlet Puslatkab di Stadion Utama Kebondalem, Sabtu (15/6/2024).

HALO KENDAL – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kendal menggelar tes kesehatan kepada 153 atlet yang sedang menjalani Pemusatan Latihan Kabupaten (Puslatkab). Tes dalam rangka mengoptimalkan program Puslatkab ini dilaksanakan di Stadion Utama Kendal, Sabtu (15/6/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum KONI Kendal Subur Isnadi, Wakil Ketua Umum II Bidang Binpres Sunari Sofyan, Wakil Ketua Umum IV Bidang Kesehatan dr Turidin, Sekretaris Umum S Wahyu Widayanto, Bidang Kesehatan Agung Pujiatno dan Slamet Riyadi, serta Bidang Pendidikan dan Penataran Isnaini Danny Darmawan.

Wakil Ketua IV Bidang Kesehatan dr Turidin mengatakan, tes kesehatan dilaksanakan KONI dalam rangka untuk memastikan kebugaran jasmani 153 atlet dari 29 cabang olahraga yang menjalani Puslatkab. Diharapkan kebugaran semua atlet dalam keadaan proporsional.

Dijelaskan, ada dua item tes yang dilakukan pihaknya kepada para atlet. Yaitu V02 max untuk mengukur tingkat oksigen maksimum selama beraktivitas, dan EKG (elektrokardiogram) sebagai pemeriksaan awal untuk mengevaluasi fungsi jantung.

“Untuk V02 max dan fungsi paru ada tim khusus dari Unnes (Universitas Negeri Semarang) sebanyak 11 orang, yang tesnya adalah melalui lari untuk mengetahui fungsi paru, dan tes EKG untuk mengecek kondisi jantungnya,” jelas dr Turidin.

Sementara itu Ketua Umum KONI Kendal, Subur Isnadi berharap, melalui tes kesehatan ini rekam medis semua atlet Puslatkab Kendal bisa diperoleh. Pasalnya, data kesehatan atlet sangat penting untuk upaya memaksimalkan prestasi mereka ke depannya.

Melalui tes kesehatan para atlet bisa menjaga dan mengetahui kondisi kesehatan, termasuk riwayat medis dan riwayat lainnya seperti cedera dan penyakit yang pernah diderita.

“Jadi tes kesehatan ini menjadi momentum atlet dites kesehatannya sebelum mengikuti Puslatkab. Apalagi tesnya meliputi tes fungsi paru dan tes kondisi jantungnya juga. Bagi atlet, tes paru dan jantung sangatlah penting,” kata Subur. (HS-06)

 

Penyintas Kanker Syukuri Pembangunan Gedung Pelayanan Terpadu di RSWN Kota Semarang

Serahkan Hewan Kurban Wilayah Pinggiran Semarang, Mbak Ita Berharap Pembagian Daging Merata