14 Loket Pembelian Tiket KA Kini Hanya Bisa Melalui Online

Salah satu penumpang KA memesan tiket di stasiun keberangkatan.

 

HALO SEMARANG – Memasuki awal tahun 2021, tepatnya pada hari Jumat (1/1/2021), PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan kebijakan baru, yakni memberlakukan pelayanan reservasi tiket KA hanya melalui aplikasi KAI Access, website: kai.id, Contact Center 121 dan kanal pemesanan resmi lainnya.

Seluruh loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket kereta secara go show (dadakan), yakni 3 jam sebelum keberangkatan KA tersebut, dengan catatan masih adanya tempat duduk yang tersedia.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, kebijakan ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus Corona-19 di lingkungan stasiun-stasiun KA ataupun dilingkungan PT KAI (Persero) secara luas.

Selain itu, KAI juga mendukung pelaksanaan program pemerintah guna mencegah dan menghindari timbulnya cluster baru penyebaran Covid-19.

“Hal itu, juga sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Tranportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid -19), pada bagian kedua perihal Pengendalian Transportasi Penumpang, pada Pasal 5 Ayat 3 Sub a. Yang berbunyi bahwa (3) Operator sarana transportasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b harus memenuhi ketentuan, menjual tiket secara daring (online) serta menjamin penerapan jaga jarak fisik (physical distancing),” ujarnya, Minggu (3/1/2021).

Di wilayah PT KAI (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang, kata dia, ada 14 loket stasiun yang kini sudah tidak melayani penjualan tiket, baik untuk pemesanan tiket maupun tiket go show.

“Loket tersebut terletak di stasiun,byakni Batang, Alastua, Brumbung, Gubug. Lalu Karangjati, Sedadi, Gambringan. Kemudian, Jambon, Kradenan, Doplang, Wadu, Kedungjati, dan Telawa serta Gundih,” terangnya.

Sedangkan untuk loket yang masih melayani penjualan tiket go show ada di 9 stasiun, yakni Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Randublatung, dan Cepu (terkecuali tiket KA Kedung Sepur dilayani melalui aplikasi KAI Access).

Khusus untuk stasiun kelas besar di wilayah Daop 4 Semarang yakni Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, dan Cepu selain melayani tiket go show juga bisa melayani pembatalan tiket.

“Dengan diberlakukannya sistem pembelian tiket online melalui aplikasi, maka calon penumpang KA akan lebih mudah dan cepat dalam menentukan pilihan berangkat dengan menggunakan KA. Dan juga calon penumpang akan lebih aman dalam menjaga kesehatannya, karena tidak perlu menuju stasiun hanya untuk membeli tiket saja,” kata dia.

“Sekalipun di lingkungan KAI telah menerapkan protokol kesehatan, dan terlebih lagi di bagian frontliner yang melayani pelanggan KA, sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang telah ditentukan, tetap saja kami terus berupaya untuk menekan penyebaran virus Corona-19 di lingkungan PT KAI,” tambahnya lagi.

Dari pantauan selama masa angkutan Nataru sampai dengan hari ke-15 atau 1 Januari 2021 pukul 09.00 WIB, jumlah penumpang di wilayah Daop 4 Semarang pada 23 stasiun yang melayani penumpang, terdapat 74.541 penumpang naik dan 81.383 penumpang turun.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.