in

130 Pendaftar Vaksin Sinovac Sidomukti Weleri Kecewa, Vaksin Yang Datang Tidak Sesuai Target

Kepala Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri, Kendal, Pujiono, saat meninjau warganya yang mengikuti vaksinasi, Kamis (16/9/2021).

 

HALO KENDAL – Warga usia produktif di Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal sangat antusias mengikuti vaksinasi dosis pertama, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sidomukti di Balai Desa setempat, Kamis (16/9/2021). Namun beberapa dari mereka harus kecewa, karena meski sudah mendaftar dan mendapatkan jadwal untuk vaksinasi jenis sinovac, namun akhirnya dibatalkan karena jumlah vaksin yang kurang.

Kepala Desa Sidomukti, Pujiono mengatakan, Pemerintah Desa Sidomukti mengajak kepada warga di atas 12 tahun, untuk bisa mendapatkan vaksin dari pemerintah dosis pertama maupun dosis kedua yang diberikan secara gratis dengan kuota sesuai harapan.

Namun menurutnya, banyak warga Sidomukti yang kecewa, lantaran sudah ada undangan vaksin sesuai jadwal dan jamnya, begitu sampai di balai desa malah kehabisan vaksin.

“Yang mulanya desa Sidomukti mendapat jatah vaksin 530, namun yang ada hanya 400 vaksin. Jadi masih sisa 130 orang yang belum tervaksin. mereka tentu sangat kecewa,” ungkap Pujiono.

Meski demikian, lanjutnya, kegiatan vaksinasi di desanya berjalan lancar dan lebih cepat, karena seluruh petugas administrasi bekerja ekstra keras serta sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

“Ya mau bagaimana lagi, memang dari Puskesmas 1 vaksin yang datang hanya 400. Kami diberi kabar siang hari pas Dzhuhur. Padahal pesertanya sudah lebih dari 400 pendaftar. Setelah kami jelaskan, warga memakluminya. Meski banyak juga yang kecewa,” ujar Pujiono.

Dirinya berharap, yang sudah tervaksin tetep diberikan kesehatan selalu. Dan untuk vaksin dosis kedua dijadwalkan pada Kamis (14/10/2021) pagi jam 08.00 di balai desa.

“Untuk yang belum tervaksin mohon bersabar, bukan maksud kami menunda. Namun mekanismenya memang menunggu dari Puskesmas 1 dan Camat Weleri. Yang belum tervaksin hari ini, akan ada vaksinasi pada Rabu (22/9/2021) akan ada vaksin lagi. Info valid menunggu dari puskesmas dan Kecamatan Weleri,” jelasnya.

Pujiono menambahkan untuk proses pendaftaran sendiri, warga langsung mendaftar melalui ketua RW dengan membawa identitas diri dan nomor handphone.

“Untuk pendaftaran mekanismenya melalui RW masing-masing, selanjutnya warga akan diberikan jadwal jam datangnya jam berapa,” imbuhnya.

Diungkapkan Pujiono, pihak Pemdes sudah mengatur mekanisme pelaksanaan vaksinasi, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kapolsek Weleri, AKP Ruslan mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker dan tidak berkerumun atau berkumpul.

“Kegiatan dibagi dua tempat, ruang tunggu dan tahapan pendaftaran serta tahapan screening/observasi yang berada di Aula Balai Desa Sidomukti,” jelasnya.

Disampaikan, untuk hasil kegiatan vaksinasi sinovac kepada 500 warga Desa Sidomukti dosis 1, yang hadir 530 orang, sedangkan yang tervaksin 437 orang dan tidak tervasin ada 93 warga.

Sementara salah seorang warga Desa Sidomukti, Vian (23) mengaku senang dan merasa lega, dirinya bisa mengikuti vaksinasi ini.

Alhamdulillah saya bisa ikut divaksin, apalagi pendaftarannya mudah. Semoga dengan divaksin kita bisa terbebas dari Covid-19, terima kasih kepada Pak Kades dan perangkat desa Sidomukti,” ujarnya.(HS)

Share This

Ronda Online di Semarang Lewat Puluhan Ribu CCTV

Tak Mau Duel Berhenti karena Cedera