13 Rumah di Tambaklorok Rusak Parah Akibat Hantaman Ombak Besar

Warga memperbaiki rumah yang rusak akibat dihantam ombak di Kelurahan Tambaklorok, Semarang Utara, Senin (7/12/2020).

 

HALO SEMARANG – Sebanyak 13 rumah di RT 01 RW 15 Tambaklorok, Kecamatan Semarang Utara rusak parah diterjang gelombang pasang dan angin kencang. Cuaca buruk beberapa hari terakhir membuat tanggul penahan gelombang air laut jebol, Minggu (6/12/2020) pukul 23.30.

Adapun rumah yang terdampak akibat gelombang pasang yakni, rumah milik Jum Sani, Mur Faizah, Mulyono, Suranto, Darmadi, Kamin, Muhammad Soleh, Slamet Romandhon, Siti, Sutrimo, Sarmonah, Ngatminah dan Toni.

Selain itu beberapa perahu rusak dan tenggelam akibat terjangan gelombang pasang tersebut.

Sekcam Semarang Utara, Margo Haryadi mengatakan, mayoritas bagian rumah yang rusak adalah dapur dan kamar mandi. Akibat kejadia ini, beberapa penghuni sudah mengungsi ke tempat saudara terdekat dan beberapa lainnya ke tetangga.

“Untuk bantuan sudah kami kirimkan lewat lumbung sembako dari kelurahan,” ujarnya, Senin (7/12/2020).

Pihaknya mengimbau agar warga tetap waspada akan adanya gelombang tinggi. Sebab saat ini cuaca masih belum menentu.

Dia menyarankan agar warga yang rumahnya berisiko terkena gelombang tinggi, agar mengungsi ke tempat saudara terdekat untuk sementara.

Hartono salah satu warga mengatakan, tanggul penahan ombak di Tambak Lorok jebol sehingga air laut sampai menggenangi ke permukiman. Akibatnya, rumah warga mengalami kerusakan di beberapa bagian.

“Tanggul penahan ombak jebol, sehingga ombak sekitar 1,5 meter menghantam rumah warga pada hari Minggu (6/12/2020) pukul 23.00 WIB. Perabotan rumah warga yang terkena ombak juga terbawa ke laut,” katanya, Senin (7/8/2020).

Menurut Hartono, perlu bantuan dari pemerintah untuk mengamankan rumah warga dari terjangan ombak laut. Terlebih warga takut terkena limpasan ombak karena bendungan sudah jebol dan tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir.

“Ada sekitar 25 lebih rumah rawan terkena ombak. Bahkan bisa satu RT terkena ombak dengan ketinggian 1, 5 meter hingga 3 meter. Kini warga Tambaklorok membutuhkan bantuan pemerintah setempat dan instansi terkait atas musibah terjangan ombak laut yang menimpa 13 rumah dan menenggelamkan dua perahu nelayan,” tandasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.