in

13 Ribu Guru Keagamaan di Kendal Terima Bantuan Hibah Penyelenggara Pendidikan Agama

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama perwakilan lembaga pendidikan keagamaan yang menerima bantuan dana hibah, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (15/6/2023).

HALO KENDAL – Sebanyak 13.045 pendidik keagamaan di Kendal menerima bantuan dana hibah tahun 2023 masing-masing sebesar Rp 1 juta, yang diserahkan secara simbolis di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis (15/6/2023).

Total dana hibah yang disalurkan sebesar Rp 13.045.000.000, yang diberikan kepada lembaga-lembaga pendidikan keagamaan yang ada di Kendal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay dalam laporannya, sebelum acara penyerahan hibah kepada lima lembaga pendidikan keagamaan.

“Adapun lima lembaga yang menerima bantuan, yaitu Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) sebesar Rp 11,93 miliar, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Disdakmen) Muhammadiyah sebesar Rp 517 juta, Yayasan Wakaf Rifa’iyah sebesar Rp 192 juta, Badan Kerjasama Gereja Kristen dan Gereja Katolik sebesar Rp 403 juta dan Majelis Luhur Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa sebesar Rp 3 juta,” bebernya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya bantuan dana hibah, diharapkan lebih dapat memacu lagi semangat para pendidik dalam ikut mencerdaskan anak bangsa.

“Sehingga dapat menciptakan SDM berkualitas religius, berbudaya, berkarakter, sehat jasmani dan rohani serta berdaya saing dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sesuai dengan visi yaitu Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan,” ujarnya.

Bupati juga menyambut baik pemberian bantuan hibah kepada penyelenggara pendidikan keagamaan ini, dengan tujuan mencerdaskan masyarakat Kendal, supaya berakhlaqul karimah dan berkarakter.

“Dalam rangka mengimplementasikan amanat Undang-Undang bahwa Pendidikan diselenggarakan secara demokratis, berkeadilan, pemerataan, serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai keagamaan, dan nilai kultur bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Bupati juga menyebut, bahwa pemerintah daerah dapat memberi bantuan operasional dan kesejahteraan pendidik kepada lembaga pendidikan keagamaan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

“Inilah yang mendasari Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal memberikan hibah bagi tenaga pendidik keagamaan melalui kegiatan hibah penyelenggara pendidikan keagamaan,” ungkapnya. (HS-06)

Ahmad Muzani: Prabowo The New Soekarno

Taruna Pelayaran di Semarang Dianiaya Senior, Keluarga Korban Ajukan Restorative Justice di Polda Jateng