in

117 Ribu Benih Ikan Tawes dan Nila Disebar di Beberapa Lokasi di Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama anggota Komisi B DPRD Kendal dan Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan saat menebar benih ikan (Restocking) di embung Desa Rowobranten, Rabu (29/9/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Desa Rowobranten, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal menggelar kegiatan Tabur Benih Ikan (Restocking) di embung desa setempat yang dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Rabu (29/9/2021).

Hadir juga dalam acara tersebut, Anggota Komisi B DPRD Kendal, Mustain, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Hudi Sambodo, Camat Ringinarum Sobirin beserta Kapolsek Gemuh, AKP Iriyanto, Danramil Ringinarum, Kapten Inf Sudar, juga Kepala Desa Rowobranten, Ari Ristiani serta paguyuban Kades se-Kecamatan Rowosari.

Hudi Sambodo dalam sambutannya mengatakan, pengelolaan perairan umum sebagai salah satu upaya kegiatan perikanan dalam penyediaan stok ikan dan memanfaatkan sumberdaya secara berkesinambungan, perlu dilakukan secara bijaksana.

Karena kondisi tersebut di atas, melalui anggaran APBD, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, melakukan Kegiatan Restocking Ikan di perairan umum daratan (sungai, waduk, embung, tuk) yang ada di Kabupaten Kendal.

“Dengan anggaran dari APBD sebesar Rp 50 juta, disebar 117 ribu ekor benih ikan tawes dan nila di beberapa lokasi di Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Dipaparkan, lokasi yang menjadi restocking dari 117 ribu benih tersebut disalurkan pada Rabu (29/9/2021) di antaranya di sungai Desa Trayu Limbangan sebanyak 20 ribu ekor ikan tawes. Kemudian sungai Desa Sriwulan Limbangan juga sebanyak 20 ribu ekor ikan tawes.

“Kemudian di embung Desa Margorejo 10 ribu ekor ikan tawes dan 3.000 ekor ikan nila. Di Desa Rowobranten disebar 10 ribu ikan tawes dan 2.000 benih ikan nila,” papar Hudi.

Sedangkan untuk hari Kamis (30/9/2021) akan disebar di antaranya di embung Desa Kertomulyo 8.000 ekor ikan tawes dan 2.000 ikan nila. Kemudian sungai Desa Wonorejo, sebanyak 5.000 ikan tawes dan 5.000 ikan nila.

“Selanjutnya, sungai Blorong Kecamatan Brangsong sebanyak 10.000 ekor dan ikan nila 4.000 ekor. Kemudian sungai Kendal dan sungai di Desa Sendangdawung akan disebar 10.000 ekor. Yang terakhir di embung Desa Kumpulrejo sebanyak 8.000 ekor ikan tawes,” imbuhnya.

Hudi berharap, ikan yang disebar dijaga kelestariannya oleh masyarakat sekitar dan ditangkap dengan cara ramah lingkungan.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengapresiasi apa yang dilaksanakan dalam kegiatan hari ini.

Menurutnya, Kabupaten Kendal dengan sumber daya air yang melimpah dan baik tentunya harus dimanfaatkan dengan baik, serta kemanfaatannya bisa digunakan untuk kesekahteraan masyarakat.

“Kegiatan pemanfaatan sumberdaya ikan sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan umum, serta terjaminnya ketahanan pangan, melalui kelangsungan usaha pemanfaatan sumberdaya ikan dengan tetap mempertahankan kelestarian sumberdaya ikan di perairan umum, salah satunya dilakukan tabur benih ikan ini,” terangnya.

Dico berharap, warga bisa merawat kelestarian ikan yang disebar di embung dan di tempat penyebaran lain, yakni dengan tidak sembarangan menangkap atau memanen yang bisa merusak sumber daya air.

“Saya berharap, ke depan setiap desa di Kabupaten Kendal memiliki embung. Hal ini sebagai upaya untuk mengendalikan banjir. Selain itu juga bisa dimanfaaatkan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan, serta menjaga kelestarian sumber daya air,” ungkap Dico.

Plt Kepala Desa Rowobranten, Ari Ristiani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, atas diberikannya puluhan ribu benih di embung desanya.

Dirinya berharap, dengan dilestarikannya embung Desa Rowobranten ini, hasilnya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk ketahanan pangan.

“Ke depannya kami juga akan mengembangkan Desa Wisata di Rowobranten ini. Selain embung yang bisa untuk edukasi, juga nantinya kami akan bikin area pemancingan di sekitar embung,” pungkas Ari.(HS)

Share This

Tak Pakai Masker, 18 Pelanggar Prokes  di Purbalingga Jalani Tes Antigen

Polda Jateng Ungkap Penyelundupan Benih Lobster Dengan Kerugian Negara Mencapai Rp 2,3 Miliar