in

10 Kampung KB di Klaten Disiapkan Jadi Pioner Program Dapur Sehat Atasi Stunting

Peluncuran Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) 2021, di gedung baru Kominfo Klaten, Jumat (20/08). (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Kampung Keluarga Berencana (KB) di 10 desa di Kabupaten Klaten, dipersiapkan menjadi percontohan pelaksanaan Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) 2021.

Desa Gemblegan, Kalikotes, Klaten terpilih mewakili desa-desa lain, dalam acara peresmian secara virtual program tersebut, di gedung baru Kominfo Klaten, Jumat (20/08), disaksikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Acara ditandai dengan pembacaan deklarasi kesiapan pelaksanaan Program Dashat di Klaten, oleh Kepala Desa Gemblegan, Waloya dan penyerahan alat masak, bahan makanan lokal, dan buku menu oleh Ketua TP PKK Klaten, Endang Yoga Hardaya. Hadir pula Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Klaten, Muh Nasir.

“Kami mempersiapkan 10 desa dengan kampung KB-nya untuk melaksanakan Program Dashat menjadi Kampung Keluarga Berkualitas. Jadi program ini akan berkelanjutan. Nanti pemerintah memberikan bantuan program pendampingan. Untuk Program Dashat, nanti menggunakan APBD Desa,” kata Muh Nasir, Jumat (20/08), seperti dirilis situs resmi Pemkab Klaten.

Hasto Wardoyo, dalam arahannya menekankan bahwa Program Dashat Kampung Keluarga Berkualitas ini, untuk menurunkan angka stunting secara keseluruhan. Peluncuran program ini sebagai awal dan perlu melibatkan banyak komponen.

“Program Dashat ini guna membangun generasi sehat bebas stunting khususnya melalui perbaikan gizi, pada 1.000 hari pertama kehidupan bayi. Para orang tua harus pintar dan fokus mempersiapkan bayi. Tidak harus dengan makanan mahal. Ikan, telur, dan makanan lokal sebetulnya cukup dan tidak harus dengan makan cepat saji. Gunakan uang itu, untuk merebut kualitas anak di 1.000 hari kehidupan. Semua potensi harus terlibat baik TP PKK, kepala desa, camat, bupati khususnya kader penyuluh,” kata dia. (HS-08)

Share This

Akhirnya Pelaku Pelemparan Kaca Mobil Berhasil Ditangkap Polisi

Pemkot Magelang Kerahkan ASN untuk Nglarisi Dagangan Pasar Rakyat, PKL dan UMKM