10.600 CCTV Sudah Terpasang Di Kota Semarang

Pemasangan salah satu CCTV di jalan Letjen Suprapto, kawasan Kota Lama Semarang.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang pada tahun 2021 ini telah memasang total sebanyak 10.600 unit Closed-Circuit Television atau dikenal dengan CCTV di sejumlah titik strategis.

Pemasangan CCTV ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan Kota Semarang, sekaligus menuju pengembangan Smart City.

Dari total sebanyak 10.600 CCTV tersebut, berasal dari pengadaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot dan bantuan CSR stake holder dan pihak swasta.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, pada tahun 2021 ini di Kota Semarang total sudah memasang sebanyak 10.600 unit CCTV, tersebar di sejumlah titik.

Di antaranya yang saat ini terpasang di setiap RT di Kota Semarang, dan tempat strategis seperti tempat wisata, yakni Kawasan Kota Lama, serta beberapa taman kota.

“Rencana tahun 2021, Pemkot akan menambah sebanyak 293 unit CCTV di RT-RT. Dan satu unit monitor masing-masing di semua RT Kota Semarang. Dengan total anggaran mencapai Rp 15 miliar,” kata Bambang, Rabu (7/4/2021).

Apalagi, lanjut dia, Pemkot Semarang sudah memiliki payung hukum berupa Perwal Nomor 5 tahun 2019 tentang penyediaan dan pemasangan CCTV.

Yang mana di dalam Perwal ini pemerintah bisa mengajak atau kolaborasi dengan pengelola hotel maupun pemilik telekomunikasi/swasta secara bersama-sama pengembangan Smart City.

“Untuk memantau situasi keadaan melalui CCTV yang dimiliki jika di sekitar tempatnya tersebut, muncul kerawanan, seperti aksi balap liar, dan mendeteksi jika terjadi genangan di jalan,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.