1.609 Calon Wisudawan USM Ikuti Pembekalan Secara Virtual

Pembekalan calon wisudawan USM yang dilaksanakan secara virtual, Sabtu (19/9/2020).

 

HALO SEMARANG – Universitas Semaran (USM) melalui USM Career and Alumni Center (UCAC) menggelar pembekalan bagi calon wisudawan ke-60 USM, yang diikuti sebanyak 1.609 orang.

Pembekalan ini terbagi dalam dua sesi, dan dilaksanakan pada Sabtu (19/9/2020).

Kegiatan yang digelar secara virtual ini, dibuka oleh Rektor USM Andy Kridasusila SE MM untuk sesi I, dan sesi II dibuka oleh Wakil Rektor III USM Dr Supari ST MT.

Kegiatan juga menghadirkan narasumber Ketua DPP Ikatan Alumni (IKA) USM, Ir Yan Arianto ST MM (GM Departemen Gedung PT Adhi Karya) dan Business Coach Jateng 2 BTPN Syariah, Wahyu Sri Utami.

Selain itu panitia juga menghadirkan narasumber dari EDC Coordinator Program, Nina Hendarwati dan Career and Business Coach Engineering Career Center UGM, Nurhadi Irbath.

Ketua UCAC USM, Khoirudin M Eng mengatakan, bahwa kegiatan ini mengangkat tema “Reimage Your Career in The Next normal”, dan diharapkan mampu membekali calon wisudawan USM untuk mengawali karier di masa new normal.

“Kami juga meminta lulusan USM untuk memberikan konstribusi aktif dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di USM melalui pengisian tracer study secara on line,” ungkap Khoirudin.

Dalam sambutan pembukaan, Rektor USM Andy Kridasusila mengatakan, bahwa alumni nantinya akan berkiprah dalam beraktivitas di masyarakat, baik sebagai pegawai, karyawan, atau apapun profesinya. Untuk itu pembekalan ini perlu dilakukan karena perubahan bisa terjadi seaktu-waktu.

“Perubahan eksternal yang saat ini terjadi hendaknya bisa disikapi oleh calon wisudawan, bisa diantisipasi dengan memiliki komitmen, etos kerja, passion, manajemen waktu yang baik,” ungkap Andy.

“Aktivitas kalau sesuai dengan passionnya, diikuti dengan komitmenn yang tinggi dan dilengkapi dengan hard skill dan soft skill yang dimiliki, maka alumni akan mencapai keberhasilan. Dan soft skill sangat dibutuhkan oleh lulusan. Untuk itu USM memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan soft skill-nya selama kuliah,” tambahnya.

Sementara Wakil Rektor III USM, Dr Supari ST MT mengucapkan selamat kepada calon wisudawan atas kelulusan dalam menyelesaikan studi di USM.

“Pengalaman selama di USM nantinya bisa menjadi bekal bagi lulusan untuk menjadi insan unggul di masa depan, berkualitas dalam berkarya, dan berkiprah di masyarakat. Serta mensejahterkan keluarga,” ungkap Supari.

“Masa belajar adalah proses dan hasilnya adalah pribadi-pribadi alumni dan karya-karya, setelah lulus dan berinteraksi membaur di masyarakat luas setelah belajar di USM. Dan saat ini alumni USM sudah mencapai 37.000 lebih,” tambahnya.

“Tetaplah percaya diri dan optimis, tetaplah belajar, selalu buka hati dan pikiran untuk peluang. Terus maju dan berkembang, pandailah memanfaatkan moment karena kesempatan tidak akan datang dua kali. Pandailah meramu pengetahuan yang dimiliki dengan keterampilan yang sudah dikuasai, serta sikap yang sudah ditempa selama ini. Karena sikap sangat penting dan yang utama, terkadang pengetahuan dan kesempatan bisa tertutup karena sikap seseorang,” ungkapnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.