in

1.533 Nakes RSUP Kariadi Semarang Terima Vaksin Booster

Foto ilustrasi: Ruang Isolasi dan ICU di RSUP Kariadi.

 

HALO SEMARANG – Program vaksinasi booster untuk para tenaga kesehatan (nakes) mulai berjalan di Jawa Tengah. Di Kota Semarang, ribuan nakes RSUP dr Kariadi telah menerima vaksin tahap tiga dan ditarget rampung pekan kedua Agustus ini.

Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang RSUP Kariadi Semarang, dr Agus Oerip Poerwoko menuturkan, vaksinasi booster bagi nakes di rumah sakitnya telah dimulai sejak 3 Agustus lalu.

“Sampai Sabtu kemarin, 7 Agustus 2021, sudah ada 1.533 nakes yang divaksin,” tuturnya, Senin (9/8/2021).

Menurut Agus, mereka yang menerima vaksin booster ini mencakup semua pegawai kesehatan di lingkungan RSUP Kariadi yang rentan terpapar Covid-19. Tak hanya dokter dan perawat, namun ahli gizi, bidan, pegawai farmasi, tenaga gizi hingga pegawai lain yang kontak erat dengan nakes maupun pasien juga mendapat vaksin tahap ketiga tersebut.

“Jadi jangan diartikan hanya tenga kesehatan dokter atau perawat saja, tapi termasuk yang membantu memberikan pelayanan di RS juga mendapatkan vaksinasi ini. Total ada 5.400-an,” ucap dia.

Vaksinasi booster ribuan tenaga kesehatan dan pendukungnya ini ditargetkan bisa rampung di pertengahan atau pekan kedua Agustus 2021. Dilakukan berbarengan dengan pelayanan vaksinasi ke masyarakat.

“Kalau hari kerja kami juga memberikan vaksinasi untuk masyarakat umum, vaksinasi kedua dan juga vaksinasi ketiga untuk nakes. Kemudian untuk hari Sabtu-Minggu khusus untuk nakes. Jadi untuk hari kerja itu kombinasi vaksinasi kedua masyarakat umum dan nakes,” beber dia.

Agus menambahkan, pemberian vaksinasi booster bagian dari program pemerintah pusat guna melindungi para tenaga kesehatan. Pasalnya mereka saban hari berinteraksi dengan pasien positif Covid-19. Sehingga dibutuhkan kekebalan tubuh yang lebih kuat, sekaligus guna mencegah paparan ke orang lain.

“Jadi nakes itu kan harus melayani pasiennya sendiri. Kalo nakesnya sampai terkena otomatis kan pelayanannya kepada pasien covid menjadi berkurang. Sehingga memang upaya pemerintah sementara ini atau kebijakannya vaksinasi ketiga diberikan kepada nakes, karena memang mereka risiko terpaparnya dan juga harus melayani pasien-pasien covid,” beber dia.

Di tahap awal program ini, RSUD Kariadi sudah menerima sebanyak 4.060 dosis vaksin Moderna. Manajemen sudah mengusulkan pemerintah pusat untuk memasok lagi Moderna sesuai jumlah kebutuhan nakes yang ada.

“Sisanya menyusul, sudah kita mintakan ke kementerian,” imbuh dia.(HS)

Share This

Panti Asuhan Al Jannah Terima Anak Asuh Yang Kehilangan Orang Tua Karena Covid-19

GAIA Karaoke dan Two Star Gandeng Rumah Pancasila Salurkan Bantuan 1000 Paket Sembako