in

1.458 Haji Ikuti Tasyakuran, Pj Bupati Jepara Harapkan Jadi Teladan

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memberikan sambutan pada Tasyakuran Haji yang digelar di Pendopo Kartini. (Foto : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Sebanyak 1.458 jemaah haji se-Kabupaten Jepara mengikuti Tasyakuran Haji yang digelar di Pendopo Kartini, Rabu, (30/8/2023).

“Berdasarkan data yang saya terima, jumlah penduduk Jepara adalah 1,2 juta jiwa dan 600 ribu diantaranya sudah menunaikan ibadah haji,” kata Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, yang menghadiri acara itu.

Dirinya menjelaskan jumlah tersebut berarti masyarakat Jepara merupakan muslim yang besar dan taat pada ajaran agama.

Maka dari itu, Edy Supriyanta berharap hal itu diikuti dengan toleransi beragama yang tinggi juga.

“Tahun ini Jepara memberangkatkan 1.461 jemaah haji, dan yang kembali pulang ke tanah air sebesar 1.458 jemaah, 3 di antaranya meninggal di tanah suci. Kita doakan semoga beliau sekalian husnul khotimah,” ucapnya, seperti dirilis jepara.go.id.

Edy menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak, yang ikut serta dalam kelancaran ibadah haji Kabupaten Jepara tahun 1444 Hijiriah.

Ia juga memohon maaf apabila masih ada beberapa kendala dalam berlangsungnya ibadah haji.

Lebih lanjut, kegiatan Tasyakuran Haji 1444 H rencananya akan digelar di Gedung Wanita. Namun Pj. Bupati meminta secara khusus agar kegiatan tersebut digelar di Pendopo Kartini.

“Saya harap jemaah haji senantiasa menjadi teladan di tengah masyarakat dalam rangka mendukung pemerintah serta program pembangunan daerah menuju Jepara yang maju, adil, makmur, dan sejahtera,” ujar Edy.

Terkait kendala penyaluran air zam-zam yang sempat dikeluhkan jemaah, Plt. Kepala Kemenag Jepara Akhsan Muhyidin menjelaskan sejauh ini air zamzam sedang dalam proses pengiriman menuju ke Indonesia.

Akhsan Muhyidin juga berupaya dengan menggandeng Direktorat Jendral Haji dan Umrah Kementerian Agama RI agar masalah tersebut segera teratasi.

Selain Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, turun hadir Komandan Kodim 0719/Jepara LetkolInf Mukhammad Husnur Rofiq, dan Wakil Ketua DPRD Jepara KH Nuruddin Amin.

Hadir pula Ketua Pengadilan Negeri Jepara Rightmen MS Situmorang, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Jepara Akhsan Muhyidin, Kabag Log Polres Jepara KompolSuroyoto mewakili Kapolres Jepara, dan Kasi Pidum Kejari Jepara Fiqhi Abdillah Baswara mewakili Kajari Jepara. (HS-08)

Bupati Kudus Tekankan Kades Tertib Regulasi Fokus Bangun Desa

Dapat Pengaruhi Pemilu 2024, ASN Dituntut Tidak Berpihak