in

1.180 Siswa MI di Kendal Bakal Menari ‘Mina Politan’ pada Pembukaan Porseni MI Tingkat Jateng

Ribuan siswa-siswi MI se-Kendal berlatih menari Mina Politan di Alun-alun Kendal, Kamis sore (26/10/2023)

HALO KENDAL – Dengan menggunakan caping dan seser atau serok ikan layaknya petani ikan, sebanyak 1.180 siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Kendal terlihat kompak berlatih tari Mina Politan di Alun-alun Kendal, Kamis sore (26/10/2023).

Siswa-siswi dari MI tersebut sedang berlatih untuk pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Ibtidaiyah atau Porseni MI Tingkat Jawa Tengah, yang dilaksanakan di Kendal pada 2 – 5 November 2023 mendatang.

Ervina Handayani, pencipta kreasi Tari Mina Politan menjelaskan, dirinya terinspirasi dengan aktivitas warga di Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, yang mayoritas berprofesi sebagai petani ikan.

“Ya saya menciptakan Tari Mina Politian, karena terinspirari aktivitas warga Desa Tambaksari, Rowosari, yang kesehariannya rata-rata bekerja sebagai petani ikan. Jadi di dalam tarian ini menonjolkan caping dan seser (serok ikan) yang identik dengan warga pesisir yang sedang mencari ikan,” jelasnya.

Sehingga, lanjut Ervina, Tari Mina Politan tersebut mencerminkan kehidupan warga pesisir yang mata pencahariannya adalah mencari ikan, yang akan dibawakan 1.180 siswa-siswi MI se-Kabupaten Kendal.

“Awalnya kita melatih para guru, terus guru menularkan kepada muridnya. Latihannya sudah dilakukan sejak April 2023. Nantinya ada 1.800 siswa-siswi yang menari, untuk pembukaan Porseni MI Tingkat Jawa Tengah,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Porseni MI, Musadad mengatakan, Tari Mina Politan disiapkan panitia sebagai tari pembuka pada Porseni MI Tingkat Jawa Tengah yang akan digelar pada 2-5 November 2023 di Kendal. Porseni tersebut diikuti 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Dijelaskan, berbagai lomba yang digelar dalam Porseni MI meliputi lomba rebana, atletik bola voli, bulu tangkis, pidato bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab, lomba tahfidz.

“Harapannya melalui Porseni MI, dapat meningkatkan silaturahmi antar madrasah se-Jawa Tengah. Kemudian juga dapat meningkatkan atlet-atlet yang tengah kami kembangkan. Selain itu, meningkatkan kompetensi seni pada anak,” jelasnya. (HS-06).

 

RTH Kaliwungu Kendal Mulai Difungsikan, Gus Tommy: Harapan Kita Bersama

Puas dengan Pencapaian Tim